Rabu, 28 Januari 2015

Contoh hasil terjemahan tentang media TV salah satu materi kuliah S2 Teknologi Pendidikan



PETUNJUK TEKNIK AUDIO VISUAL

RE de KIEFFER
LEE W COCHRAN

TELEVISI
Tidak diragukan lagi televisi adalah alat komunikasi yang paling menarik yang ditemukan manusia. Televisi memperpendek ruang dan waktu untuk bisa disajikan ke penontonnya, menyajikan kejadian bersejarah yang menarik dalam pembuatannya. Dengan perkembangan adanya televisi warna, kita bisa mengharapkan perkembangan yang lebih canggih di masa mendatang.
          Bagian televisi pendidikan akan berperan dan dunia pendidikan. Ratusan eksperimen dilaksanakan dalam acara dan sirkuit tertutup dalam televisi di semua tingkat pendidikan. Jawaban untuk beberapa masalah sudah ditemukan, dan ilmuan masih mencari jawaban untuk pertanyaan lainnya. Administrator sekolah mencai cara agar televisi dapat lebih berperan dalam dunia pendidikan. Secara umum, para pendidik memahami potensi televisi sebagai alat audio visual yang kuat, dan tidak diragukan lagi penelitian-penelitian memberikan petunjuk menggunakannya.
                Tanggal 14 April 1952 akan selalu diingat dalam lingkaran pendidikan lewat televisi ketika Komisi Komunikasi Federal memberikan alokasi 242 (yang kemudian 257) channel televisi untuk kepentinga pendidikan. Komisi juga memberikan institusi pendidika hanya 14 bulan untuk menyiapkan channel pendidikan, menunjukkan bahwa di akhir waktu ini channel tersebut akan digunakan tujuan komersil. Ketika tanggal 2 Juni 1953 hanya sedikit institusi pendidikan mampu mendapatkan ijin dari Komisi Komunikasi Federal, tambahan waktu diberikan. Tambahan waktu ini memungkinkan perencanaan matang untuk televisi pendidikan di negara bagian dan kabupaten berbeda.
                Stasiun televisi pertama mengudara di Houston, Texas, pada bulan April 1953. Iowa State University, Ames, Iowa mengoperasionalkan televisi beberapa tahun sebelum 1953, tetapi mengoperasikan televisi komersil sebagaimana institusi pendidikan lainnya. Tahun 1953 sampai 1960, kurang dari lima puluh dari 256 channel pendidikn televisi yang ada mengudara. Para pendidik menemukan bahwa kebutuhan televisi bukan hanya investasi awal tetapi juga membuat adanya pengeluaran tambahan tiap tahun. Secara praktis, televisi pendidikan ditawarkan dipopulasi yang padat dimana penonton yang banyak dapat dirangkul.

TIPE TELEVISI PENDIDIKAN

Televisi Sirkuit Terbuka
                Siaran televisi sirkuit terbuka berarti sinyal dikirim keluar transmitter. Tipe ini memiliki manfaat bisa menjangkau area 90 sampai 150 kilometer, tergantung permukaan areanya. Jika areanya mendatar maka sinyal bisa tersebar maksimal, namun jika bergelombang naik turun, misalnya ada gunung, maka sinyal terpencar pendek.

Televisi Sirkuit Tertutup
                Siaran televisi sirkuit tertutup membawa kabel coaxial, dan terbatas pada area geografis kecil. Tipe televisi in dibatasi panjangnya kabel coaxial. Siarannya memiliki keuntungan karena tidak perlu ijin dari Komisi Komunikasi Federal; dapat dioperasikan kapanun diperlukan sekolah, dan disiarkan di lokasi mana pun. Sebagai tambahan, beberapa channel dapat digunakan, membuat sistem sekolah mampu menampilkan sejumlah program di televisi secara berkelanjutan. Sebagai contoh, Negara Bagian Washington, Maryland, Proyek Pendidikan Sirkuit Tertutup memiliki enam channel yang beroperasi dan bisa menampilkan enam program televisi secara bersamaan. Sedangkan televisi sirkuit terbuka di kebanyakan daerah lainnya hanya ada satu channel tersedia, sirkuit tertutup dapat menambah banyak channel sesuai yang dibutuhkan dengan menambahkan sebuah kabel coaxial di setiap sirkuit. Di daerah dengan populasi padat, televisi sirkuit tertutup mungkin lebih berhasil, karena fleksibilitasnya, dibandingkan televisi sirkuit terbuka. Contoh lain televisi sirkuit tertutup yang fleksibel ada di San Jose State College, California, dimana kabel coaxial ke empat sekolah negeri telah terpasang. Hal ini membuat program televisi bisa menampilkan di empat sekolah dan ditampilkan langsung dalam kelas mereka untuk tujuan pengamatan dan pelatihan guru.
                Ada dua tipe televisi sirkuit terbuka, mereka adalah; Very High Frequency atau dikenal VHF, dan Ultra High Frequency atau UHF. Yang sering digunakan adalah VHF yang membatasi hanya 12 channel televisi, sedangkan UHF bisa 70 channel. Karena siaran televisi dimulai channel VHF, kebanyakan receiver televisi dibuat menerima tipe program ini. Kemudian, receiver semua channel dibuat tetapi karena biayanya lebih tinggi dan permasalahan lainnya, alat ini tidak sukses dipasarkan. (Dari 257 channel televisi yang disediakan untuk kepentingan pendidikan hanya 86 channel yang VHF sedangkan 171 channel UHF). Hal ini menimbulkan masalah, hanya jika televisi pendidikan digunakan untuk pendidikan orang dewasa dan belajar di rumah, hanya sedikir receiver yang bisa menerima program UHF.

1. Pelajari program televisi di negara Anda dan urutkan semua program yang menurut Anda memilii nilai pendidikan untuk bisa ditonton di sekolah.
a.
b.
c.
d.
e.

(gambar)
JALUR KE RUANG KELAS ATAU AUDITORIUM RECEIVER TV ATAU RECEIVER.

2. Buat outline sederhana bagaimana pendapat Anda televisi sirkuit tertutup bisa membantu Anda dalam proses pembelajaran di kelas.




Type Program Pendidikan
Tiga tipe program pendidikan umum digunakan di televisi. Mereka adalah tipe demonstrasi, penambahan atau pengayaan, dan tipe mengajar langsung.

Program Tipe Demonstrasi
Program ini seringkali dilihat dalam channel komersil dan pendidikan. Program ini menampilkan kegiatan dalam ruang kelas, atau mungkin beberapa aktifitas yang menarik dalam program pendidikan sekolah. Program ini seringkali disajikan sebagai alat hubungan masyarakat untuk menunjukkan kepada masyarakat apa yang terjadi di sekolah.

Program Tambahan atau Pengayaan
Program tambahan atau pengayaan digunakan di banyak sekolah dalam mata pelajaran seni, musik, IPS, IPA, BK dan sejarah. Kursus program pengayaan memberikan materi berhubungan dengan kursus individu di pelajaran dasar sekolah. Program in digunakan guru untuk memberikan penyajian baru yang menarik yang tidak bisa didapatkan di kelas biasa. Program pengayaan kebanyakan, sebagaimana program mengajar langsung, disajikan oleh guru berpengalaman di bidangnya. Banyak stasiun TV komersil memberikan materi pengayaan yang baik yang merupakan nilai lebih dalam kelas. Akan tetapi, program ini biasanya lebih sulit untuk mengkoordinasikan ke pelaksanaan pembelajaran daripada yang direncakan oleh pendidik yang memiliki tujuan pembelajaran yang spesifik.

Program Mengajar Langsung
Program mengajar langsung ditampilkan di semua level pendidikan dari SD sampai SMA, dan program ini juga dilaksanakan di perkuliahan universitas.

(Gambar. SISWA SD MENIIKMATI ACARA TELEVISI PENDIDIKAN)
(Gambar. KAMERA TV DIPERBESAR SEHINGGA SEMUA SISWA BISA MELIHAT)

Banyak proyek penelitian dilaksanakan untuk mengukur nilai relatif pembelajaran lewat TV dibandingkan dengan pembelajaran dalam kelas yang konvensional. Hasilnya nilai siswa yang mengikuti pembelajaran lewat TV tidak jauh berbeda dengan nilai siswa dalam kelas konvensional, bahkan ada yang lebih baik. Penelitian lanjutan dibutuhkan untuk menjelaskan lebih detail.

3. Urutkan empat alasan kenapa Anda berpikir bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran lewat TV penerimaan materinya sama dengan siswa di kelas.
a.
b.
c.
d.

Pengaturan Fisik Menggunakan Media Televisi
                Hampir semua kelas tidak dibuat untuk menggunakan televisi. Sekolah-sekolah bary dibangun dengan sistem bisa menerima sinyal televisi, tetapi untuk kelas yang lama diupayakan bisa. Berikut ini aturan yang direkomendasikan menggunakan media televisi di kelas:

Tinggi dari lantai                4,5 kaki sampai 6 kaki
Ukuran tabung                  21 atau 24 inch
Jarak menonton              5 kali lebar gambar untuk siswa terdekat dan 15 kali lebar gambar untuk jarak terjauh
Penempatan                     tempatkan receiver tidak terkena sinar langsung
Jumlah siswa                     21” dibuat 8-22 siswa
                                               24” dibuat 20-25 siswa
Dua atau lebih TV            jika TV lebih dari satu atur setiap kelompok bisa menonton satu TV
Kontrol cahaya                 Sebaiknya pencahayaa terang.

Kineskop dan Rekaman Video Tape
                Banyak program pendidikan, sekarang atau mendatang, tidak ditampilkan “LANGSUNG”. Program itu akan direkam dalam kineskop atau video tape recorder. Perekam kineskop adalah film bergerak progran tayang langsung, diambil dari yang ditampilkan di monitor. Beberapa Perguruan Tinggi dan Universitas, walaupun mereka tidak memiliki stasiun televisi, memiliki fasilitas studio rekaman menggunakan kineskop. Dengan cara ini meeka bisa menghasilkan banyak rekaman yang digunakan untuk kepnetingan pendidikan. Pengembangan video ini kemudian digunakan dalam televisi komersil yang bisa diulang-ulang. Peralatan video tape memiliki kegunaan yang lebih besar dibanding perekam kineskop karena rekaman film harus dibuat dengan fotografi sebelumnya, namun video tape dapat diputar ulang sama dengan rekaman pita magnet. Saat ini, perlengapan video tape lumayan mahal, tetapi diperkirakan di masa mendatang pengembangan perlengkapan ini sangat praktis untuk tujuan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar